ADU KETANGKASAN PRESEAN DESA SANTONG

DENDY 22 Maret 2017 02:39:47 WIB

PRESEAN SANTONG - Stick Fighting atau Tarung Presean disebut sebagai simbolis kejantanan para pemuda dan pria suku Sasak di Lombok. Pertarungan adu nyali ini merupakan pertarungan antara dua laki laik Sasak bersenjatakan tongkat yang terbuat dari rotan atau disebut Penjalin, dilengkapi dengan sebuah pelindung (perisai) yang terbuat dari kulit kerbau tebal dan keras (Ende). Para Petarung di sebut Pepadu dan wasit pinggir lapangan disebut sebagai Pekembar Sedi, sedangkan wasit tengah yang menjadi pemimpin pertarungan disebut Pekembar Para petarung (pepadu) bertemu di tengah lapangan dengan bertelanjang dada, menggunakan sapuk (penutup kepala khas sasak) dan kain sarung khusus yang sudah dipersiapkan panitia. Sebuah tongkat rotan sebagai alat memukul dipegang menggunakan tangan kanan, serta pelindung (perisai) di tangan kiri. Para pepadu pun siap mengadu kejantanan, ketangkasan dan adu nyali di depan ratusan penonton yang hadir di arena presean.Pemimpin pertandingan atau pekembar akan memimpin tarung presean dengan awiq-awig (aturan dan kode etik) yang sudah ditetapkan, biasanya aturan mainnya berisi tentang sistem ronde (periode pertarungan) yang standarnya 5 ronde, atau bisa juga merupakan kesepakatan bersama para panitia.

Sebagai Acara Pembukaan Atau Pengesahan Acara Tersebut di undang dari

  1. Dinas Pariwisata Yaitu ( Bpk.GAIB ANNAS.)
  2. Kepala  Kepolisian Kayangan

Tarung Presean ini di adakan di Desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara yang di mulai sejak tanggal 7 Maret 2017 yang di ikuti para pepadu dari Lombok dan Sebagai tamu undangan yaitu dari Lombok Timur,Lombok Tengah,Lombok Barat dan Lombok Utara sebagai tuan rumah adapun hari tempat acara presean tersebutdi adakan setiapa hari RABU antusias penonton membuat acara tersebut semakin seru dan rame di tambah lagi music pengiring pertandingan acara tersebut makin meriah.

Adapun Alat musik tradisional pengiring Presean antara lain terdiri dari : 

  • 2 buah Gendang
  • 1 buah Petuk
  • 1 set Rencek
  • 1 buah Gong
  • Suling

Unsur gending (ritme dan kombinasi alunan musik gending) merupakan hal yang begitu penting dalam tarung peresean, sedikitnya ada 3 jenis alunan gending yang akan anda denganr di arena peresean , yakni :

  1. Gending Ngadokang atau Gending Rangsang, dimainkan pada saat pengadok (pencari pepadu) mencari calon Pepadu beserta lawan tandingnya diantara penonton.
  2. Gending Mayuang, yaitu tabuhan gending yang bertanda bahwa sepasang Pepadu telah siap untuk berlaga.
  3. Gending Beradu, tabuhan gending yang iramanya 'bongbong' atau membakar semangat dan menyulut / mendidihkan darah dan emosi para Pepadu. Penonton akan mulai bersorak ketika gending ini mulai dimainkan. Pertarungan pun di mulai

Dalam pertandingan Presean tradisional khas Sasak yang di adakan di Desa Santong, adapun busana adat Presean yang juga sangat dijaga dan mesti dipenuhi oleh para pepadu, pekembar maupun pengadok, seperti : 

  1. Sapuk / capuk bermotif batik (ikat kepala dari kain batik)
  2. Kereng (kain).
  3. Bebet (tenun ikat yang mengikat kereng, biasanya tak lupa diselipkan bebadong atau jimat kesaktian sebagai penghilang rasa sakit atau membangun kharisma dan kekuatan magis diantara pepadu.

Beberapa unsur penting diatas, baik dari busana maupun gending dan kesenian pendukungnya, merupakan sebuah pembeda bahwa Seni adu kejantanan Presean bukan merupakan tarung jalanan, tarung liar ataupun keganasan, melainkan sebuah budaya dan seni yang sangat mendalam dan mengandung unsur leluhur yang begitu mendalam pada suku Sasak.

Dokumen Lampiran : ADU KETANGKASAN PRESEAN DESA SANTONG


Komentar atas ADU KETANGKASAN PRESEAN DESA SANTONG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Santong

tampilkan dalam peta lebih besar